Jumat, 25 November 2011

tips agar batere laptop tidak cepat rusak

agar baterai laptop tidak cepat rusak maka ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.
baterai pada laptop merupakan komponen yang sangat krusial.
kita harus Hati-hati terhadap cara pemakaian baterai notebook/laptop, perlu diketahui bahwa harga baterai original lumayan mahal (berkisar antara 800 ribu sampai 1,5 jt rupiah).
Baterai notebook terbuat dari Lithium Ion (Li-ion), dimana penggunaannya tidak boleh sampai habis sekali dan tidak boleh overcharge (bisa mengakibatkan cepat ngedrop selain dapat mengakibatkan laptop jadi overheat).
Baiknya baterai di-charge jika mendekati 10%-20% dan bila sudah penuh cabut saja kabel adaptor yang terhubung ke notebook.
Bila notebook tidak dipakai untuk jangka waktu yang lama maka sebaiknya baterainya dilepas dulu.
Namun perlu diperhatikan ada beberapa kasus baterai  yang tidak dipakai sama sekali (karena ingin awet dibiarkan hingga 6 bulan tidak dipakai) malah jadi rusak.
Sekedar tambahan info yang saya dapatkan, baterai Lithium Ion adalah liquid tidak seperti lithium polimer (*contoh baterai HP) yang  merupakan baterai kering, sehingga bila tidak dipakai lama,
baterai akan menjadi kering/beku. baterai laptop umumnya mempunyai umur pemakaian antara “500 sampai 800 kali charge”. setelah itu baterai sudah tidak layak pakai atau rusak sama sekali.
setelah baterai rusak anda dapat menggantinya dengan baterai original atau dengan memakai baterai external untuk laptop.
batterebank3
 posted by : turisno elektronik purbalingga

1 komentar:

  1. bos,klo compo polytron MP-4200 KC bs gk di jdiin speaker kmputer. soaly gk ad colokan line in di tape'y, cm ad mic in.kr2 bunyi gk bos.....suwon ya bos

    BalasHapus