Senin, 04 Maret 2013

TV LCD TOSHIBA REGZA SUARA ADA GAMBAR TIDAK ADA

TV ini milik budiono orang kampung sebelah dengan merk toshiba regza 32 inch dengan kerusakan suara ada gambar tidak ada .
seperti biasa langkah awal adala aku buka casing dan cek semua tegangan di main board tv tersebut ,aku hanya berpikir tv ini hanya tidak muncul gambar alis no raster dan tak ada tampilan sama sekali pada panel lcd dan kerusakan tetap tertuju pada bagian panel lcd dan bisa di pastikan main boardnya masih bagus
setelah saya cek ternyata kerusakan terdapat pada inverter untul suplai lampu back light dalam keadaan tidak mengeluarkan tegangan tinggi ac yang mengakibat kan lampu backlight tidak menyala.
wah kalau gini berat nih penyakit harus cari satu modul inverter yang baru,aku ngga menyerah semua komponen inverter aku patri ulang dan di temukan ada beberapa dioda yang bocor dan short dan aku ganti dengan dioda biasa .
bismilah.....aku pasang inverter dan ku nyalakan tv tersebut lampu baclight menyala agak lama dan setelah itu dalam hitungan detik raster baru muncul wah .....bayaran kiye kang kena nggo tuku beras.......wek...wk..wk..
menurut saya lamanya lampu backligt menyala kemungkinan masih ada komponen di bagian inverter ada yang masih belum beres atau juga penggantian dioda pada inverter yang kurang pas dengan aslinya tp kerjaan ngga sia-sia karena tv tersebut bisa mengeluarkan gambar .
salam sukses buat tekhnisi elektronik tanah air.

2 komentar:

  1. Hal yang sama terjadi pada thosiba regza 24inc milik saya.. Sudah di cek keadaan tv oleh service center resmi thosiba. Katanya harus ganti panel dan layar yang harganya kira kira 900ribu. Apakah memang semahal itu?atau dia tdak bisa memperbaikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga memang kondisi panel lcd milik anda memang rusak,karena kerusakan seperti kasus di atas bermacam-macam mas..!

      Hapus